Jadi Santri ICS Tidak Hanya Ngaji Loh

Selama ini Pesantren selalu dikesankan hanya hanya belajar mengenai agama. Padahal tidak demikian, ada pelajaran lain yang diberikan, seperti kewirausahaan.

Lulus dari pesantren tidak cuma mendapatkan bekal ilmu agama saja, tetapi ilmu umum lainnya juga karena jika hanya menguasai ilmu agama saja maka akan membawa konsekuensi cukup berat. Tidak sedikit lulusan yang tidak mampu untuk bersaing di dunia kerja formal maupun wirausaha.

Pesantren Terpadu Insan Cita Serang (ICS) telah mulai membekali santri untuk berwirausaha dengan mengadakan Pelatihan Kewirausahaan bagi santri ICS (28/09/2017). Mulai dari perencanaan bisnis, pengelolaan keuangan, inovasi dan pemasaran diajarkan dalam pelatihan tersebut.

Nurhayati, Pelatih Kewirausahaan ICS, mengharapkan melalui program pelatihan ini para santri ICS memiliki bekal dan cara pandang baru mengenai masa depannya.

“Tujuan kami mengadakan pelatihan adalah bagaimana bisa menularkan jiwa wirausaha kepada anak-anak ini, apalagi karena santri identik setelah lulus sekedar jadi guru agama misalnya. Apalagi perempuan setelah menikah, tidak tinggal diam di rumah menunggu suami pulang saja tetapi juga berkarya. Jadi tetap mereka (bisa) berwirausaha,” harap Nurhayati.

Ustadzah Nur, biasa disapa, menambahkan, “Jadi saya mengenalkan itu untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur dari dini. Keluar dari ICS, harus tetap eksis dan hidup mandiri.” (yah/fby)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *