Kunjungi DPRD Prov. Banten, Santri ICS Belajar Sistem Pemerintahan

Pembelajaran akan menjadi lebih bermakna dan santri akan menjadi lebih memahami tentang apa yang telah disampaikan di kelas jika mereka diajak langsung untuk merasakannya secara real. Untuk itu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cita Serang (SMPIT ICS) mengajak santrinya menyambangi langsung Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Kesempatan kali ini, dibawa berkunjung ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten.

“Mengunjungi DPRD ini untuk melihat langsung apa yang selama ini telah dipelajari dalam mata pelajaran PKN dan IPS. Santri kelas 9 ini, meskipun sudah mempelajari sistem pemerintahan, tetapi itu masih bersifat abstrak. Kunjungan ke sini berguna untuk mensikronkan apa yang sudah dipelajari ketika di kelas dengan yang nyata di lapangan,” papar Kepala Sekolah SMPIT ICS, Abdul Aziz Alkhusyaeri, S.Pd.I, Rabu (22/11/2017) di Gedung DPRD Provinsi Banten.

“Pada prinsipnya sekolah selalu berusaha agar santri memahaminya tidak cuma dengan cara menghafal dan sekedar tahu saja, tapi betul-betul paham dan bisa berfikir kritis juga, atau dalam bahasa lainnya kita menggunakan sistem active learning” tambah ustadz Aziz, sapaan akrabnya.

Para santri tampak antusias dalam kunjungan tersebut, apalagi ketika diajak berkeliling Gedung DPRD Provinsi Banten. Beberapa tempat yang dikunjungi seperti ruangan paripurna, ruang fraksi, ruang komisi dan beberapa tempat lainnya.

Sementara itu, Furkon A.P., Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Provinsi Banten, yang ikut menyambut kedatangan 48 santri kelas 9 SMPIT ICS tersebut menyambut baik inisiatif yang dilakukan pihak sekolah. “Ini sangat baik dari kecil mereka diberi tahu seperti apa wakilnya yang duduk di DPRD. Kita tentunya menerima siapa saja yang datang ke gedung rakyat ini,” katanya

Di akhir pertemuan, beliau memberikan petuahnya kepada para santri agar terus semangat belajar menyongsong masa depan. “Santri ICS harus terus belajar jangan pernah berhenti. Ilmu apapun selama itu bermanfaat harus dipelajari demi mengejar mimpi menuju pribadi islami agar bisa jadi pemimpin masa depan dunia” pesan beliau kepada santri ICS.

Semoga dari ICS akan lahir anak sholeh/solehah yang akan memimpin Banten, Indonesia pada umumnya, bahkan dunia. Aamiin (yah/fby)

Penyerahan Cendramata dari Kepala SMPIT ICS

Santri Berkeliling Lingkungan DPRD

Santri serius mendengarkan Pemaparan dari Sekretariat DPRD Prov. Banten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *