Liburan Bermanfaat Dengan ‘LIQU’

Mereka mempopulerkan dan menyingkatnya dengan singkatan LIQU yaitu liburan bersama Al-Qur’an. Di dalam momentum liburan semester ganjil ini Lembaga Tahfidzul Qur’an (LTQ) Utrujjah Kota Serang memanfaatkan  dengan cara mengadakan kegiatan yang bermakna dan bermanfaat yaitu mempelajari dan menghafal Al-Qur’an. Kegiatan ini dirancang dan dipadukan dalam konsep menyerupai pesantren kilat.


Adapun sasaran kegiatan LIQU ini adalah siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) yang ingin mengisi waktu liburannya sekitar Kota Serang.  Rencana awal panitia  membatasi kuota sebanyak 70 peserta yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Namun pada realisasinya lonjakan peserta yang mendaftarakn diri sangat signifikan sehingga pada akhirnya pihak panitia penyelenggara menambahkan kuota  menjadi 112 peserta.

Menurut informasi dari panitia kuota tersebut masih dianggap kurang, karena masih banyak para orang tua yang mendesak penambahan kuota peserta setelah kuota penuh, akan tetapi adanya keterbatasan dengan terpaksa panitia tidak mengabulkannya.

Dari seluruh jumlah Pondok Pesantren yang ada di Kota dan Kabupaten Serang, Pesantren Terpadu Insan Cita Serang dijadikan tempat untuk melaksanakan kegiatan ini. Hal ini tentunya sudah dipertimbangkan oleh pihak panitia untuk memilih ICS sebagai tempat kegiatan LIQU perdana tahun ini.

Kegiatan LIQU yang dilaksanakan di ICS selama tiga hari dua malam, tepatnya dimulai dari Hari Senin tanggal 24-26 Desember 2017, yang resmi diikuti oleh 112 peserta dari berbagai tingkat Sekolah Dasar yang ada di Kota dan Kabupaten Sserang, dan 36 Panitia yang terdiri dari Musrif/ah. Tetapi menurut informasi ada sebagian peserta yang berasal dari luar kota dan kabupaten serang.

Kegiatan LIQU pun berjalan dengan lancar dan menarik. Pasalnya sebagian besar peserta merupakan pengalaman pertama mencicipi suasana pesantren, dimana mereka dituntut mandiri dalam kegiatan ini. Peserta LIQU dengan berbagai karakteristiknya memberikan cerita dan pelajaran baru bagi mereka. Namun selama kegiatan berlangsung sebagian peserta mengaku senang dan betah di Pesantren ICS.

Hani misalnya salah satu peserta dari SD Islam Al Izzah Serang yang mengaku senang dan selalu ceria selama mengikuti kegiatan, selain Hani masih banyak lagi peserta yang sebagian besar mengaku merasa senang dengan acara LIQU ini. Dan sebagian peserta dan panitia LIQU menyukai suasana likungan Pesantren ICS yang sejuk dan indah

Semoga kegiatan ini akan terulang kembali tahun depan dan dijadikan agenda rutin tahunan untuk mengisi dan memanfaatkan waktu liburan anak-anak dengan agenda acara yang lebih besar lagi. Kelak anak-anak menjadi generasi Al-Qur’an yang memberikan cahaya ditengah kegelapan. Aamiin ya robbal alamin. Allahummarhamna bil Qur’an… (Badi’ah, S.Pd.I)

Kegiatan Peserta LIQU di Serambi Masjid ICS

Kegiatan Peserta LIQU di dalam Masjid ICS

Peserta LIQU Menikmati Keindahan Alam ICS

Foto Bersama di Halaman ICS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *